Powered By Blogger

Kamis, 21 Juli 2016

Masyaqqah dan Dharurah



Pengertian Masyaqqah

Dari sudut bahasa, masyaqqah ialah sesuatu yang meletihkan. Menurut istilah ialah suatu ungkapan yang digunakan secara khusus merujuk kepada persoalan yang menurut kebiasaan mampu dilakukan, tetapi dalam kasus-kasus tertentu, ia telah keluar dari batas-batas kebiasaan itu sehingga menyebabkan seorang mukallaf mengalami kesukaran untuk melaksanakan. (Al-Syatibi 2, 1992 : 80).
Masyaqqah ialah suatu bentuk kesulitan yang dialami manusia untuk melaksanakan suatu kewajiban, sehingga menyebabkan ia harus diberi jalan lain untuk itu.
Tujuan utama dari konsep masyaqqah ialah untuk :

1. Menghindarkan umat Islam dari penyelewangan terhadap agama dan membenci taklif (Beban syari’at).
2. Menjauhkan diri dari mengabaikan kewajiban dan tanggung jawab kepada Allah ketika dalam keadaan sibuk dengan persoalan duniawiah.

Pengertian Dharurah

Kata al-dharurah itu sendiri diambil dari kata al-dharar yang berarti bahaya atau sesuatu yang turun tanpa ada yang dapat menahannya. Darurat menurut syara' ialah datangnya kondisi bahaya atau kesulitan yang amat berat kepada diri manusia yang membuat dia khawatir akan terjadi kerusakan atau suatu yang menyakiti jiwa, anggota tubuh, kehormatan, dan yang bertalian dengannya. Ketika itu boleh tidak mengerjakan yang di haramkan atau meninggalkan yang di wajib kan, atau menunda waktu pelaksanaannya guna menghindari kemudharatan yang di perkirakannya dapat menimpa dirinya selama tidak keluar dari syarat-syarat yang di tentukan oleh syara'. (Wahbah Zuhaily, Ushul Fiqh Al Islami, Damaskus, Darul Fikri,1996. halaman. 72.)

Wahbah Az-Zuhaily berpendapat bahwa darurat adalah suatu kemaslahatan yang menjadi landasan hidup manusia secara alamiah agama atau dunia yang sekiranya sesuatu tersebut di tiadakan maka tidak akan mampu bertahan hidup di muka bumi ini dan lebih parahnya lagi akan terjadi beberapa kerusakan diantaranya terbengkalainya beberapa nikmat dan akhirnya siksalah yang bakal diterima kelak di akhirat.

Perbedaan Masyaqqah dengan Dharurah
Masyaqqah adalah suatu kesulitan yang menghendaki adanya kebutuhan (hajat) tentang sesuatu, bila tidak dipenuhi tidak akan membahayakan eksistensi manusia. Sedangkan dharurah adalah kesulitan yang sangat menentukan eksistensi manusia, karena jika ia tidak diselesaikan maka akan mengancam agama, jiwa, nasab, harta serta kehormatan manusia. Dengan adanya masyaqqah akan mendatangkan kemudahan atau keringanan. Sedangkan dengan adanya dharurah akan adanya penghapusan hukum. Yang jelas, dengan keringanan masyaqqah dan penghapusan mudarat akan mendatangkan kemaslahatan bagi kehidupan manusia, dan dalam konteks ini keduanya tidak mempunyai perbedaan. (Wahbah Zuhaily, 1982: 218).

Kaitan Masyaqqah dan Dharurah dengan Hukum

Syari’ah islam selamanya menghilangkan kesulitan dari manusia dan tidak ada hukum islam yang tidak bisa dilaksanakan karena di luar kemampuan manusia yang memang sifatnya lemah.

1 komentar:

  1. Free Baccarat At Baccarat Sites | Free Demo
    Free Baccarat At Baccarat Sites · Casino · Slots · Poker · Roulette · Bet 바카라사이트 Slip. Baccarat is a 우리카지노 popular Asian-inspired online table game where 제왕카지노 the players place bets on

    BalasHapus